Selasa, 05 Januari 2010

Nyata : Lebah jadi Inspirasi Teknologi Otomotif




Kutipan dari Majalah
PC World hari Jum'at tanggal 26 September Taun Lalu.
(Udah basi...:D=tapi yang penting manfaatnya')....haha

Nissan saat ini sedang mengembangkan teknologi otomotif dalam bidang keselamatan pengendara. Teknologi ini dikembangkan Nissan dengan mengambil inspirasi dari cara lebah terbang. Prototype mobil pintar ini akan didemonstrasikan sekitar minggu depan.
BR23C (Biomimetic car robot drive) system adalah hasil kerja sama antara Nissan dan The University of Tokyo dan dibuat dengan tujuan untuk menurunkan resiko kecelakaan saat berkendara. Idenya berawal dari melihat kemampuan lebah untuk terbang dengan kecepatan tinggi namun tak pernah sampai bertabrakan dengan benda-benda yang ada di sekitarnya.


Para ilmuwan di Nissan Motor menemukan bahwa lebah memiliki kemampuan untuk membuat 'zona penyangga' (buffer zone) di mana mereka mereka dapat mengawasi area seluas 300º dengan mata majemuk mereka. Dari sini lebah kemudian dapat mengubah 'jalur terbang' mereka sesuai dengan hambatan yang ada di depannya.
Nissan menerapkan ide ini dengan memasang laser yang dapat mendeteksi adanya objek di area seluas 180º. Saat laser ini mendeteksi adanya objek di jalur mobil maka secara otomatis laser ini akan mengirim signal ke komputer yang ada dalam mobil dan komputer ini akan memperkirakan jarak objek dan 'menerjemahkannya' ke dalam bentuk sistem perlindungan yang akan mengalihkan jalur mobil.
Seperti dikutip dari sebuah berita yang dilansir PC World hari Jum'at (26/09/08), disebutkan bahwa sistem yang diaplikasikan pada mobil ini tak bisa sepenuhnya menyerupai sistem perlindungan lebah karena adanya batasan sudut belok roda mobil. Sistem ini bisa jadi menyerupai sistem Safety Shield yang juga dikembangkan oleh Nissan beberapa tahun yang lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More